Bahas 2 Agenda, DPRD Kota Blitar Gelar Rapat Paripurna

NUSANTARATERKINI.COM, KOTA BLITAR – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Blitar menggelar rapat paripurna untuk membahas dua agenda penting, bertempat di Graha Paripurna DPRD, Senin (03/06/2024).

Kedua agenda itu, pertama Penyampaian Pandangan Umum Fraksi atas Ranperda tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Kota Blitar tahun anggaran 2023.

Kedua, Penyampaian Tanggapan/Jawaban WaliKota Blitar atas Pandangan Umum Fraksi terhadap Ranperda tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Kota Blitar tahun anggaran 2023.

Rapat paripurna yang dipimpin Wakil Ketua DPRD Kota Blitar Agus Junaidi itu juga dihadiri Wakil Walikota Blitar Tjujuk Sunario, Forkopimda, anggota DPRD Kota Blitar, sejumlah kepala OPD Pemkot Blitar, asisten, staf ahli dan Camat.

Dalam sambutannya, Wakil Ketua DPRD Kota Blitar Agus Junaidi menyampaikan selamat atas prestasi Kelurahan Rembang dalam lomba pelaksana gotong royong terbaik Provinsi Jawa Timur tahun 2024.

Selanjutnya, berdasarkan tata tertib DPRD Kota Blitar No. 1 tahun 2018 tentang Tata Tertib DPRD Kota Blitar, rapat paripurna kali ini tidak untuk mengambil keputusan, maka rapat paripurna dilaksanakan tanpa harus memenuhi kuorum.

Dalam kesempatan itu, dokumen pandangan umum Fraksi-farksi DPRD Kota Blitar langsung diserahkan ke Pimpinan DPRD Kota Blitar secara bergantian, dilanjutkan dengan jawaban Walikota Blitar.

Dalam kesempatan itu, penyampaian jawaban WaliKota Blitar atas Pandangan Umum Fraksi terhadap Ranperda tentang Pertanggungjawaban APBD 2023 dibacakan oleh Wakil Walikota Blitar Tjujuk Sunario.

Dalam jawabannya, Tjujuk Sunario menyampaikan salah satunya terkait penyempurnaan laporan keuangan, Pemerintah Kota Blitar telah mendapatkan predikat WTP ke 14 kalo berturut-turut.

Lebih lanjut, Pemerintah Kota Blitar akan terus berupaya memaksimalkan pencapaian dan peningkatan prestasi dalam segala aspek, baik dalam pegelolaan keuangan maupun dalam pelaksanaan pembangunan daerah melalui perkembangan teknologi dan informasi.

Dalam kesempatan itu, Wakil Walikota Blitar juga menyampaikan terkait realisasi belanja barang dan jasa, dalam penyerapan realisasinya sesuai dengan kebutuhan dimasing-masing OPD tanpa mengurangi kualitas, capaian program dan kerja yang telah ditetapkan.

“Kami sampaikan terima kasih dan apresiasi atas segala masukan, saran dan pertanyaan yang telah disampaikan, semua masukan tentu berdasarkan pada niat dan semangat yang terbaik kepada masyarakat Kota Blitar,” imbuhnya. (Rd/Adv).

 

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.