Wartawan Nusantaraterkini.com Terdaftar di Box Redaksi, Untuk Bergabung menjadi wartawan seluruh indonesia Hubungi : +62 822-8273-3432

Bagi Pramuka SWK Kodim Banyumas, TMMD Reguler Adalah Pengabdian Tugas Matra Darat

Loading...

Banyumas – Bagi Delfina Anggraeni (18), murid SMAN 3 Purwokerto, anggota Pramuka Saka Wira Kartika (SWK) Kodim 0701 Banyumas, juga menyatakan bangga karena dilibatkan satuan pembinanya dalam kegiatan TMMD Reguler 108 Banyumas, yang sedang melaksanakan pembangunan jalan di Desa Petahunan, Kecamatan Pekuncen, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Menurutnya, dapat berada di tengah-tengah pasukan Satgas TMMD gabungan dari berbagai kesatuan yakni tri matra TNI, Polri, segenap Ormas, dan masyarakat setempat yang sangat antusias membantu TNI melakukan pengecoran jalan 1,8 kilometer, dapat menambah pengalaman baru dalam bermasyarakat yang kelak dapat dijadikannya bekal saat menjadi pemimpin bangsa.

Hal yang paling disukainya saat ikut mengecor jalan selebar 3,75 meter, yang merupakan jalan menuju Obyek Wisata Curug Nangga itu, adalah teknik langsir adukan semen dengan metode talang seng, yang merupakan terapan dari Tim Teknis Satgas TMMD dari kesatuan Denzibang 1/IV Purwokerto.

“Dengan sistem langsir adukan semen seperti itu maka siapa dan umur berapa saja dapat dengan mudah melakukannya,” ucapnya mengapresiasi, Rabu (22/7/2020).

Untuk itulah dirinya berharap, sumbangsih mereka dapat membantu mempercepat pekerjaan sehingga segera dapat meningkatkan akses kesejahteraan bagi masyarakat Desa Petahunan khususnya, dan Banyumas pada umumnya, yaitu sebagai akses kendaraan bermotor menuju wisata air terjun bertingkat tujuh itu.

Terpisah, Joko Budi Santoso, S.Pd, Kepala Sekolah SMAN 3 Purwokerto, menyatakan bangga dengan keikutsertaan anak didiknya yang tergabung dalam SWK Kodim Banyumas, di TMMD Reguler.

Dirinya yakin, kehadiran para Pramuka gabungan dari 7 sekolahan SLTA sederajat di Banyumas itu, akan menambah semangat kerja para pekerja tersebut untuk menyelesaikan sasaran fisik TMMD.

“Bantuan dari semua pihak dalam kegiatan TMMD ini, tentunya sangat dibutuhkan, sehingga dengan hadirnya adik-adik Pramuka Saka Wira Kartika, juga akan menambah motivasi kerja masyarakat setempat,” ungkapnya mengapresiasi.

Sementara dijelaskan Serda Taufik, anggota Staf Teritorial Kodim Banyumas, bahwa Pramuka SWK yang diterjunkan di lokasi TMMD Reguler itu berasal dari SMAN 3 Purwokerto, SMK Bina Teknologi Purwokerto, SMK Wiworotomo Purwokerto, MAN 2 Banyumas, SMAN 4 Purwokerto, SMAN 1 Patikraja, dan SMA Al Irsyad Purwokerto.

“Di TMMD Reguler Petahunan, para Pramuka penegak itu diasah kesadaran pengabdian kepada bangsa dan juga sifat bela negaranya. Mereka juga terjun ke lokasi bencana alam jika ada bencana alam di wilayah Kabupaten Banyumas dan sekitarnya, untuk membantu fungsi matra darat TNI,” tegasnya. (Aan/Red)

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.