Wartawan Nusantaraterkini.com Terdaftar di Box Redaksi, Untuk Bergabung menjadi wartawan seluruh indonesia Hubungi : +62 822-8273-3432

Arti Lambang Kodam IV Diponegoro dan Korem 071 Wijayakusuma di Prasasti TMMD Banyumas

Loading...

Banyumas – Logo Kodam IV Diponegoro dan Korem 071 Wijayakusuma, terpasang di badan Prasasti TMMD Reguler 108 Kodim 0701 Banyumas, di pelataran parkir kendaraan bermotor di Obyek Wisata Curug Nangga, Desa Petahunan, Kecamatan Pekuncen, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Terpisah, Dansatgas TMMD Reguler 108 Banyumas, Letkol Infanteri Candra, SE, M.I.Pol menjelaskan, arti kedua lambang tersebut bahwa infrastruktur yang telah dibangun menuju lokawisata air terjun bertingkat tujuh itu, yakni jalan beton 1,8 kilometer lebar 3,75 meter, 1 unit jembatan, 3 unit gorong-gorong dan sejumlah talud, dibangun oleh TNI dari segenap kesatuan di jajaran Kodam IV Diponegoro dan Korem 071 Wijayakusuma.

“Walaupun logonya TNI, namun itu sangat jelas bahwa TMMD Reguler adalah program lintas sektoral, instansi dan institusi, dan pastinya dibantu juga oleh segenap unsur atau elemen masyarakat setempat dan sekitarnya,” beber Candra, Minggu (26/7/2020).

Dikatakannya lanjut, prasasti memang sengaja ditempatkan di tempat tersebut dengan tujuan monumental atau peringatan sejarah.

“Penempatan di tempat parkir Obyek Wisata Curug Nangga, adalah lokasi paling strategis karena disitulah orang akan beristirahat setelah berkendara. Selain itu juga untuk menambah estetika dan tempat selfie maupun berfoto bagi para wisatawan,” tandasnya.

Ditambahkannya, satu lagi yang akan dipasang di badan prasasti adalah plakat dari batu granit setelah ditandatanganinya bersama Bupati Banyumas, Ir. Achmad Husein, saat peresmian hasil TMMD atau penutupan TMMD akhir bulan ini (29/7).

Untuk sekedar diketahui, sejumlah unsur TNI yang terlibat dalam program pembangunan Pemerintah yang tergabung dalam Satuan Tugas (Satgas) TMMD Reguler 108 Banyumas meliputi, Yonif 405 Surya Kusuma, Yon Zipur 4 Tanpa Kawandya Kompi A Slawi Kabupaten Tegal, Detasemen Zeni Bangunan 1/IV Purwokerto, Lanud Wirasaba atau Lanud Jenderal Besar Soedirman Kabupaten Purbalingga, Lanal Cilacap, dan juga Denkesyah 04.04.01 Purwokerto sebagai tim pendukung kesehatan.

Sedangkan unsur lainnya yaitu institusi Polri dari Polresta Banyumas, dan instansi Pemkab Banyumas. (Aan/Red)

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.