Wartawan Nusantaraterkini.com Terdaftar di Box Redaksi, Untuk Bergabung menjadi wartawan seluruh indonesia Hubungi : +62 822-8273-3432

Anggota Saka Wira Kartika Kodim Banyumas Yang Bangga Ikut Andil di TMMD

Loading...

Banyumas – Adalah Dika Wardana (18), murid SMAN 03 Purwokerto, menyatakan bangga dapat berperan menyumbangkan tenaganya di pembangunan fisik TMMD Reguler 108 Banyumas, yaitu pengecoran jalan 1,8 kilometer, lebar 3,75 meter, di Desa Petahunan, Kecamatan Pekuncen, Kabupaten Banyumas. Pun dengan darahnya, untuk membantu sesama yang membutuhkan transfusi darah.

Tampak dirinya ikut berpartisipasi di kegiatan donor darah di non fisik TMMD, yang digelar di salah satu ruang kelas MI Ma’arif NU 01 Petahunan, Desa Petahunan. Selasa (21/7/2020).

“Sebagai pramuka kita wajib ikut berkarya dalam pengabdian kepada masyarakat, bangsa dan negara, juga membantu sesama. Ini sesuai dengan Satya dan pengamalan Darma Pramuka,” ungkapnya.

Sementara disampaikan Pembina Saka Wira Kartika (SWK) Kodim 0701 Banyumas, Serda Taufik, anggota Staf Teritorial Kodim Banyumas, bahwa pelibatan puluhan anak didiknya di TMMD Reguler Petahunan, selain sesuai fungsi Pramuka, juga untuk membantu percepatan penyelesaian sasaran fisik jalan tersebut.

“Untuk kegiatan non fisik TMMD Reguler berupa donor darah, kami melibatkan anggota Pramuka SWK Kodim Banyumas yang benar-benar siap saja, untuk diambil darahnya 350cc oleh UTD PMI Kabupaten Banyumas,” tegasnya.

Dalam kegiatan bakti sosial ini, terjaring 20 kantong darah dari 41 orang calon pendonor, yang meliputi para Babinsa Kodim Banyumas, perangkat desa, masyarakat setempat, dan juga Pramuka SWK.

“Sebelum mendonorkan darah, anggota SWK sebelumnya diseleksi ketat melalui sejumlah pemeriksaan kesehatan sesuai protokol covid, termasuk pengukuran suhu tubuh dan juga menanyakan riwayat penyakit saluran pernafasan,” tandasnya. (Aan/Red)

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.