Terbit : 11 Oktober, 2019 - Jam : 09:50

 Anggota Koramil Dan Polsek  Berikan Rasa Aman Kepada Peserta Karnaval

Loading...

NusantaraTerkini.Com, Pati – Dalam sejarah  seputar Pati utara di bulan Safar, tepatnya di desa ngemplak kecamatan Margoyoso kabupaten Pati, Pawai atau Karnaval budaya yang diikuti 22 peserta dari wilayah pati,semarang,rembang dan beberapa kota di jawa tengah dalam gelaran haul Mbah Ronggo kusumo. Kamis 10/10/2019.


Dalam cerita sejarah Mbah Ronggo Kusumo adalah salah satu wali lokal yang menyebarkan agama Islam. Raden Ronggokusumo adalah putera Ki Agung Meruwut yang masih keponakan KH.Ahmad Mutamakkin.

Asal usul Desa Ngemplak, Ia diperintahkan untuk membuka tanah (menebang hutan) disebelah barat Desa Kajen, Perintah beliau dilaksanakan penuh tanggungjawab sehingga dalam waktu yang singkat (konon dalam waktu satu malam) tanah tersebut terlihat emplak-emplak, sehingga oleh beliau dinamai Desa NGEMPLAK.

Raden Ronggo Kusumo menetap di Desa tersebut dan berjasa besar dalam menyiarkan Agama Islam. Masyarakat desa Ngemplak Kidul dan sekitarnya sangat menghormati Mbah Ronggo Kusumo. Hari wafat beliau, 10 Sapar (Arab: Safar) diperingati sebagai “Haul Syekh Ronggo Kusumo.”

Dari segi keamanan Anggota Koramil 06/Margoyoso bersama  Polsek melakukan pengamanan setiap tahun, Haul KH Mutammakin kajen maupun haul Mbah Ronggo Kusumo

Di wilayah Kecamatan Margoyoso yang dimeriahkan peserta karnaval dengan berbagai Basic kesenian serta budaya yang ikut serta dari berbagai wilayah di jawa Tengah.(nartopendimpati)

 

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.