Wartawan Nusantaraterkini.com Terdaftar di Box Redaksi, Untuk Bergabung menjadi wartawan seluruh indonesia Hubungi : 0822-8166-4736

Anggota Jurnalistik TMMD Reguler Pekalongan, Berburu Berita Sambil Menolong Warga

Loading...

Pekalongan – Itulah yang dilakukan oleh Serka Syamsuri, Babinsa Wangandowo, Koramil 08 Bojong, Kodim 0710 Pekalongan, yang ditugaskan tergabung dalam Tim Jurnalistik TMMD Reguler 107 Pekalongan.

Ia merupakan duta dari satuan induknya, yaitu Kodim Pekalongan, untuk menggali dan mendokumentasikan seluruh kegiatan pembangunan baik fisik maupun non fisik TMMD Reguler, termasuk seluruh aspek-aspek masyarakat serta potensi dari desa sasaran pembangunan, yaitu Pantirejo, Kecamatan Kesesi, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah.

Ia mengaku sudah mulai memburu berbagai kegiatan untuk dijadikan berita sejak Pra TMMD lalu (5/3), hingga di pertengahan pelaksanaan TMMD saat ini, dan akan terus berlanjut hingga purnanya kegiatan bhakti TNI Kodim tersebut (14/4).

”Suka duka banyak saya alami. Walaupun bukan wartawan asli, namun saya dituntut untuk memberikan gambar dan rekaman video yang sesuai kaidah jurnalistik, ditunjang dengan data yang valid dan tajam,” ucapnya menjelaskan. Minggu (29/3/2020).

Diakuinya juga, untuk mendapatkan momen humanis antara Satgas TMMD dengan masyarakat, dia harus berkeliling di Desa Pantirejo dan sekitarnya, khususnya di lokasi pembangunan infrastruktur dan rehab RTLH.

Dirinya harus jeli dan secepat mungkin mengabadikan setiap momen humanis itu, untuk membawa aspek kemanunggalan TNI-Rakyat dan komponen pendukung pembangunan lainnya, untuk disampaikan melalui media sosial yang mensupport publikasi Kodim Pekalongan.

“Untuk pekerjaan yang satu ini, disamping bermodalkan jeli, saya juga harus sabar menunggu momen humanis,” imbuh Pembina Pramuka Saka Wira Kartika Kodim Pekalongan ini.

Tampak Syamsuri, tertangkap kamera rekan sesama Tim Jurnalistik TMMD, Serda Daryono, saat membantu Cayani (70), petani padi asal Dukuh Jlubang, Pantirejo.

Sementara disampaikan Serda Daryono, selain berburu berita, kepekaan sosial juga harus dilakukan kepada warga masyarakat yang membutuhkan pertolongan.

“Apa yang kami lakukan adalah selain membawa citra TNI, kami juga mencoba membantu masyarakat sini untuk mempublikasikan seluruh potensi yang ada, sehingga dikenal masyarakat umum melalui media sosial,” ucap Daryono. (Rus/Aan)

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.