Anggota DPRD Provinsi Bengkulu Sefty Yuslinah Dukung Langkah Pemkot Bengkulu Waspadai Banjir Kiriman

Melalui perangkat Kelurahan, Pemkot mengimbau masyarakat yang tinggal di bantaran sungai untuk selalu waspada terhadap potensi banjir kiriman yang bisa datang kapan saja. Salah satunya adalah di Kelurahan Rawa Makmur, dimana Lurah setempat, Desmi Wirawan, mengingatkan masyarakat untuk tetap siaga menghadapi cuaca yang tidak menentu, yang bisa memicu banjir susulan.

“Masalah banjir ini terjadi setiap tahunnya, entah dari curah hujan tinggi atau kiriman dari gunung. Kita berada di dekat muara, jadi rentan terkena dampak. Kemarin ada 6 titik yang terendam banjir, tapi sekarang sudah surut,” jelas Lurah Rawa Makmur, Desmi Wirawan.

Pihak Kelurahan belum mendirikan posko darurat, namun mereka meminta warga untuk tetap waspada dan siap mengungsikan barang-barang ke tempat yang lebih tinggi dan aman jika banjir datang.

“Selain waspada terhadap kiriman dari hulu, kita juga berharap masyarakat mau bergotong royong membersihkan jalur saluran air dari sampah. Jika jalur tersebut tersumbat, air akan meluap dan menyebabkan genangan,” tambahnya.

Sebelumnya, Pemkot Bengkulu melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) telah memantau kondisi kawasan rawan banjir di Kota Bengkulu akibat curah hujan tinggi. Mereka berjanji untuk terus memantau dan memberikan bantuan evakuasi jika dibutuhkan oleh masyarakat.

(Adv)

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.

You cannot copy content of this page