Anggarkan Rp 43, 5 M, Pemprov Bengkulu, Segera Bangun Jalan Kerkap-Lubuk Durian

Nusantaraterkini.com, Bengkulu – Ruas Jalan Kerkap-Lubuk Durian yang memiliki panjang 58,42 kilometer segera dibangun. Pemprov Bengkulu melalui alokasi APBD dan APBN menggelontorkan Rp 43 Miliar untuk memperbaiki jalan yang menjadi akses transportasi utama warga Bengkulu Utara ini.  

Disampaikan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Bengkulu, Tejo Suroso, pembangunan akan dimulai pada bulan Juli 2023. Paket pekerjaan di antara rehabilitasi mayor sepanjang 17,20 km dan pemeliharaan rutin sepanjang 31,75 km.  

Anggaran pembangunan berasal dari realisasi dana Inpres Nomor 3 Tahun 2023 senilai Rp 41.9 M dan ditambah dana perbaikan berkala dari APBD Provinsi Bengkulu senilai Rp 1,5 Miliar. Total anggaran mencapai Rp 43,5 M

“Alhamdulillah, kita bersyukur sekali, usul perbaikan ruas jalan Kerkap-Lubuk Durian sudah diakomodir dalam pelaksanaan Inpres Nomor 3 tahun 2023 hampir 42 miliar untuk ruas Kerkap-Tanjung Agung Palik-Gunung Selan-Giri Mulya. Juga sekaligus kita bisa realisasikan pekerjaan perbaikan berkala dari sumber APBD Provinsi sebesar Rp 1,5 Milyar. Pekerjaannya dijadwalkan bulan Juli 2023 ini ” papar Tejo, Senin (26/Juni/2023).

                                                                    Ilustrasi Perbaikan Jalan

Perbaikan ruas jalan Kerkap-Lubuk Durian menjadi salah satu ruas jalan poros yang sangat diprioritaskan oleh Pemprov Bengkulu pada tahun 2023. Ruas jalan ini merupakan salah satu akses kawasan produktif yang mendukung lebih dari satu kawasan tematik.

Diantaranya akses perkebunan sawit dan karet, pertanian palawija serta destinasi pariwisata Air Terjun Curug Sembilan yang sedang dikembangkan di Desa Tanah Hitam – Marga Sakti Kecamatan Padang Jaya Kabupaten Bengkulu Utara.

“Sesuai dengan arahan Bapak Gubernur Rohidin Mersyah, untuk perbaikan dan pembangunan jalan di Provinsi Bengkulu diutamakan poros jalan yang mendukung sentra produktif yang berimbas kepada aktivitas perekonomian setempat.  Tentunya diharapkan perbaikan jalan ini bisa membawa dampak besar pada aktivitas perekonomian khususnya di Bengkulu Utara” kata Tejo.(adv)

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.