Aktivis PMII Dirikan Sekolah Alam GPN, Perkenalkan Hewan Reptil Kepada Anak

JEMBER – Sekolah Alam Gubuk Pustaka Ndalung (GPN), Kecamatan Ajung, Jember yang didirikan aktivis PMII mengadakan pembelajaran tentang hewan kepada anak. Komunitas pecinta hewan reptil didatangkan untuk memperkenalkan hewan reptil secara langsung.

Gubuk Pustaka Ndalung sendiri berdiri sudah 3 tahun berjalan, “Mulai tahun 2018,” kata Adim, pendiri Gubuk Pustaka Ndalung yang lokasinya berada di belakang rumahnya, Minggu 13 Desember 2020.

Setiap harinya, sambung Adim, GPN mengadakan belajar bersama dan even belajar hewan seperti ini dilaksanakan terkadang seminggu sekali, “Minggu depan memperkenalkan kelinci kepada anak,” ucapnya.

Di sekolah alam milik Adim ini, dilengkapi permainan Egrang, ayunan dari bambu dan gubuk kecil tempat anak-anak belajar bersama, di depan ada sungai yang dijadikan tempat budidaya ikan nila.

Adim yang juga aktivis PMII ini membangun Gubuk Pustaka Ndalung secara swadaya, di lahan yang tidak begitu luas dengan kanan kiri pohon bambu membuat lokasinya rindang.

Adim tidak memasang tarif kepada pengunjung Gubuk Pustaka Ndalung miliknya, hanya menyediakan kotak sumbangan seikhlasnya untuk kebutuhan sekolah alam yang dirintisnya.

Puluhan anak-anak berusia 4 hingga 10 tahun datang bersama orang tuanya. Mereka sengaja membawa anak-anaknya untuk belajar tentang hewan reptil secara langsung.

“Dengan melihat secara langsung, anak akan lebih mengerti dan bisa menumbuhkan kecintaan terhadap hewan-hewan,” ujar Rohillah sambil menemani anaknya yang berusia 4 tahun. (Fahmi).

Rekomendasi
Loading...

Ruangan komen telah ditutup.