Aksi Balap Liar Diobrak-abrik, Polsek Gumukmas Angkut Puluhan Kendaraan Dan Pemiliknya

Jember- Anggota Polsek Gumukmas Kabupaten Jember pada Jumat sore (05/02/21) sekitar pukul 15.00 WIB menggelar patroli razia, berhasil mengobrak-abrik aksi balap liar di Jalur Lintas Selatan (JLS) Desa Kepanjen. 

Yang mana balap liar ini marak terjadi sehingga sering meresahkan warga.Bahkan tidak jarang, aksinya memakan korban baik pengguna jalan maupun pembalap sendiri.

Razia yang dipimpin langsung oleh Kanit Sabhara IPTU Danu Prasetyo dan dibantu Kanit Reskrim Aiptu Amin Sahril, kedatangan petugas yang tidak diketahui sebelumnya, seketika membuat panik komplotan balap liar yang jumlahnya ratusan orang.

Mereka lari pontang-panting dan kabur dengan kendaraannya untuk menyelamatkan diri.Meski demikian razia kali ini dibilang sukses, pasalnya puluhan kendaraan roda dua berbagai jenis berhasil kena jaring petugas.

Selanjutnya kendaraan berikut pemiliknya diangkut ke Mapolsek Gumukmas untuk diamankan.Kanit Sabhara Iptu Danu Prasetyo mengatakan, kegiatan razia balap liar ini, pihaknya mendapati informasi dari masyarakat.

Seketika anggota bergerak cepat dengan mendatangi lokasi dimana kegiatan balap liar dilaksanakan. “Sampai di lokasi ternyata benar adanya, yang mana saat itu kegiatan balap liar sedang berlangsung, ” katanya.

Dari hasil razia, terang Danu, Polisi telah mengamankan sedikitnya 15 unit motor roda dari berbagai merk.Diduga kendaraan tersebut milik pembalap dan penonton yang saat itu berada di lokasi.

“Barang bukti berhasil kami amankan bersama pemiliknya, selanjutnya kami giring ke Mapolsek untuk dilakukan edukasi dan sosialisasi terhadap warga yang pada saat itu terjaring operasi, ” ujarnya.

Kedepan, sambung Danu, pihaknya akan memberikan pengarahan agar tidak lagi melakukan kegiatan yang dapat merugikan pengguna jalan lain, seperti insiden kecelakaan balap liar di wilayah Puger yang terjadi beberapa hari lalu.

“Kami menyarankan bagi pemilik kendaraan yang saat itu terjaeing bisa langsung ke kantor polsek Gumukmas dengan membawah surat surat lengkap, ” katanya.

Selain akan meningkatkan patroli keamanan dan razia balap liar di wilayahnya, paparnya, anggota Polsek Gumukmas juga mengantisipasi adanya kegiatan massa yang sifatnya berkumpul.

“Sedangkan kita sedang melaksanakan kegiatan pembatasan masyarakat, agar tidak ada lagi penyebaran COVID-19, ” pungkasnya. (Tahrir)

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.