Terbit : 11 Juni, 2019 - Jam : 11:39

Ajudan Goliat Tabuni dan 3 Anggota TPN/OPM Kembali Ke Pangkuan NKRI

Loading...

JAYAPURA – Empat anggota Organisasi Papua Merdeka (OPM) yang disebut kelompok separatis bersenjata (KSB) menyatakan diri kembali ke NKRI.

Keempat mantan anggota separatis Papua merdeka tersebut adalah Talengga Gire Alias Weginus Gire, Piningga Gire (25), Tekiles Tabuni (30) dan Perengga (27). Mereka resmi kembali ke NKRI pada, Selasa (11/6) siang.

Kapendam XVII/Cenderawasih
Kolonel Inf Muhammad Aidi mengatakan, dari ke 4 anggota KSB tersebut, salah satunya merupakan
pengawal Goliat Tabuni, Panglima gerakan Papua merdeka di wilayah Puncak Jaya.

Talengga Gire Alias Weginus Gire merupakan ajudan paglima Goiat Tabuni.

kembalinya ke 4 anggota KSB ini disyukuri dengan upacara resmi yang berlangsung di lapangan upacara Roh Kudus Jaln Papua, Distrik Pagaleme Kabupaten Puncak Jaya, Selasa (11/6)

“Dilakukan juga penyerahan 1 pucuk senjata api jenis Mouser dengan nomor senjata 323 R berserta 3 butir Munisi Kaliber 7.62 mm,” ujar M. Aidi dalam rilisnya, Selasa.

Menurut pengakuan Talengga, senjata tersebut adalah hasil rampasan pada saat aksi penyerangan Polsek Karubaga Kabupaten Tolikara pada 2013 lalu.

Atas keberhasilannya merebut senjata milik aparat keamanan NKRI maka yang bersangkutan diberi kedudukan sebagai pengawal panglima Jendral Goliat Tabuni.

Talengga Gire dan kawan-kawannya juga melakukan penandatanganan surat ikrar kembalinya ke pangkuan NKRI disaksikan Bupati kabupaten Puncak Jaya, Dandim 1714/PJ dan Kapolres Puncak Jaya.

Talengga juga mengaku bahwa selama ini merasa ditipu oleh Goliat Tanuni.

“Katanya tidak lama lagi Papua akan merdeka, dan kalau Papua Merdeka kalian akan menjadi pejabat tinggi.

tapi itu semua tipu-tipu saja, sedangkan warga yang di kampung, di kota mereka hidup tenang tidak seperti kami di hutan menderita,” ujarnya.

Talengga mengaku dirinya punya anak 13 orang dari empat istri, untuk itu ia perlu kembali ke NKRI agar hidup mereka tercukupi. (Rilis/,fai)

Loading...
Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.