Wartawan Nusantaraterkini.com Terdaftar di Box Redaksi, Untuk Bergabung menjadi wartawan seluruh indonesia Hubungi : +62 822-8273-3432

Air Keruh, Direktur PDAM Kota Bengkulu Salahkan Sumber Air Baku

Loading...

NusantaraTerkini.Com, BENGKULU – Alih-alih mencari solusi terkait permasalahan tingkat kekeruan air produksi PDAM yang mirip “Kopi Mix” dan acap tak mengalir, justru Direktur PDAM Tirta Dharma kota Bengkulu berkelit bak penari ular. Sjobirin Hasan kembali menyalahkan sumber air yang tidak bisa diproses maksimal. Akibat tingkat kekeruan air yang melebihi 10000 NTU.

“Kami PDAM adalah korban dari pencemaran sumber air baku, ini akibat permasalahan klasik yang tidak bisa diselesaikan oleh para pihak terkait, ungkap Sjobirin Hasan, direktur PDAM yang bergelar Master ini.

PDAM di bawah komandonya, mengaku tidak mampu membongkar dan menganti sistem instalasi pengendalian air karena butuh investasi besar. kami akan mengurangi produksi air bila sumber air keruh.

“Kami tidak pada kemampuan untuk mengganti sistem intalasi pengolahan air, lebih baik kami membatasi produksi, mengurangi bahkan menghentikan distribusi air, terang Sjobirin Hasan.

Saat disinggung apakah layanan publik lainnya jelek lantas PDAM ikut jelek? Sjobirin tetap teguh terhadap pernyataannya. “Kami sudah satu lebih menyampaikan ini, tapi seakan-akan tidak ada benarnya juga,” ungkap dia

Sementara komisoner Ombudsman Provinsi Bengkulu Irsan Hidayat mengatakan, langkah PDAM kota Bengkulu yang akan menggurangi produksi air bukanlah sebuah solusi, akan tetapi akan menimbulkan masalah baru.

“Direktur PDAM kota Bengkulu seharusnya mencari solusi alternatif, bila memang sumber air Bengkulu tidak layak produksi maka hendaknya mencari sumber air lain, seperti sungai pondok kelapa, atau PDAM kota Bengkulu bisa mencari tehnologi alternatif penjernihan air, tidak boleh menggurangi produksi sebab hal itu akan menimbulkan masalah baru. Kami akan melakukan investigasi terhadap hal ini, tutup Irsan Hidayat. (NU003)

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.