AHM Cari Siswa Berkompetensi Lewat Kontes Keterampilan Antar SMK

NusantaraTerkini.Com, Papua – The 9th Astra Honda Skill Contest (AHSC) for Vocational School 2018 kembali di gelar oleh PT. Astra Honda Motor (AHM).

PT. Astra Honda Motor (AHM) melanjutkan misi untuk mencari siswa terbaik dari Sekolah Menangah Kejuruan (SMK) yang mempunyai kompetensi teknik sepeda motor.

Misi pencarian dengan mengusung tema ”Satu Hati Berprestasi untuk Bangsa”.

Tak kurang dari 29.735 siswa dari 638 SMK binaan AHM yang mengimplementasikan Kurikulum Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) Astra Honda terlibat dalam ajang ini.

Para peserta mengikuti kompetisi uji kompetensi mulai dari tingkat sekolah, berlanjut ke jenjang regional oleh main dealer sepeda motor Honda, hingga akhirnya berkompetisi di tingkat nasional yang diadakan oleh AHM.

Berdasarkan proses seleksi berjenjang yang ketat tersebut, terpilih 40 siswa SMK terbaik dari seluruh Indonesia yang berkesempatan unjuk kompetensi AHSC tingkat nasional pada 16-17 Oktober di SMK Mitra Industri MM2100, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat.

Astra Motor Papua sebagai perwakilan dari regional Papua dan Papua Barat mengirimkan satu perwakilan yang telah diseleksi regional tingkat SMK Papua dan Papua Barat yang terdaftar dalam sekolah binaan Astra Honda.

Perwakilan dari Papua yang berhasil lolos seleksi regional yaitu Maskur dari SMK N 3 Jayapura.

The 9th AHSC for Vocational School 2018 merupakan ajang yang khusus dibuat untuk memberikan kontribusi positif perusahaan terhadap peningkatan mutu pendidikan vokasi industri di Indonesia.

Kegiatan ini juga membidik terciptanya tenaga terampil dan kompeten sesuai dengan perkembangan teknologi terkini sepeda motor Honda.

Direktur HR, GA, IT AHM Markus Budiman mengatakan, perhatian pemerintah terhadap peningkatan mutu pendidikan vokasi industri kini semakin besar.

Setelah mengimplementasikan kurikulum TBSM Astra Honda, kini saatnya perusahaan mengalibrasi dan menguji kompetensi para siswa, sehingga kualitas lulusannya kelak semakin mumpuni dalam berkompetisi di dunia industri otomotif.

”Peran serta industri otomotif roda dua semakin strategis terhadap dunia pendidikan dan vokasi industri. Kami berharap, kegiatan ini mampu memenuhi kebutuhan terhadap program link and match dunia usaha dan dunia pendidikan,” ujar Markus.

General Manager Corporate Communication AHM Ahmad Muhibbuddin menambahkan para peserta kontes mekanik SMK ini harus mampu menjawab materi uji yang sudah disesuaikan dengan perkembangan teknologi terkini Honda.

Tahapan ini dilakukan melalui tes teori, praktik meja, sampai dengan pemecahan masalah pada sepeda motor.

Perusahaan menyediakan beragam hadiah untuk para siswa pemenang kontes keterampilan teknik SMK tingkat nasional.

Juara pertama mendapatkan beasiswa Rp 8 juta, pemenang kedua disiapkan beasiswa Rp 5 juta, dan pemenang ketiga Rp 3 juta.

Astra Motor Papua yang diwakili oleh Maskur dari SMKN 3 Jayapura berada di peringkat 26 dari 40 peserta dari hasil akhir kontes nasional SMK.

Peserta yang belum dapat juara pada tahun ini yang mengikuti kontes nasional SMK turut mendapatkan beasiswa sebesar Rp 1 juta untuk setiap siswa.

Meneruskan Kuliah Sampai Berwirausaha
Setelah melalui proses penjurian yang sangat ketat dan terukur, akhirnya terpilih tiga siswa terbaik dari para juara regional, dan tiga pemenang harapan.

Gelar juara disabet Syahroni dari SMK Negeri 1 Bendo, Magetan, Jawa Timur. Terbaik kedua, Mochamad Hadi Fachmi asal SMK Muhammadiyah 2 Genteng, Banyuwangi, Jawa Timur. Sementara terbaik ketiga diraih Dimas Wahyu Al Amin dari SMK Muhammadiyah 1 Imogiri, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. (AFN/rls/honda)

Rekomendasi
Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.