Terbit : 30 November, 2019 - Jam : 14:10

Aceh Besar Launching Program Penyaluran Bantuan Pangan Non Tunai

Loading...

Aceh – Bupati Aceh Besar Ir H Mawardi Ali meluncurkan Program Penyaluran Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di kompleks Gedung Dekranasda Aceh Besar di Gampong Gani, Kecamatan Ingin Jaya, Sabtu (30/11/2019).

Bupati Aceh Besar, Ir H Mawardi Ali menyambut baik peluncuran Program BPNT di Aceh Besar. Melalui bantuan tersebut, ke depan diharapkan akan terus turun angka kemiskinan di tengah masyarakat.

“Saat ini angka kemiskinan di Kabupaten Aceh 14 persen, kita berharap tahun depan dapat menurun hingga ke 13 persen,” katanya.

Menurut Mawardi Ali, faktor penyebab kemiskinan yang terjadi di Aceh diantaranya karena konflik berkepanjangan dan imbas musibah gempa serta tsunami yang menghantam Aceh di akhir tahun 2004 lalu. Dimana saat itu angka kemiskinan mencapai angka 40 persen.

Untuk penanggulangan kemiskinan, kata Mawardi Ali, Pemkab Aceh Besar telah melakukan berbagai program seperti ProAbes, program UMKM, serta program lainnya dari berbagai OPD, bantuan PKH dari Pemerintah Pusat.

“Untuk mengurangi kemiskinan di Kabupaten Aceh Besar harus dilakukan secara kompak dan bersama-sama, sebab tak ada seorang pun yang menghendaki miskin berkelanjutan. Program BPNT ini sangat bermanfaat bagi daerah kita,” sebut Mawardi Ali.

Pada kesempatan itu, Bupati didampingi Ketua DPRK Iskandar Ali, Forkopimda dan pejabat terkait lainnya menyerahkan secara simbolis menyerahkan Kartu Keluarga Sejahtera kepada masyarakat. Juga dilanjutkan dengan peninjauan ke kios e-warung untuk mengetahui cara pencarian BPNT.

Secara terpisah, Plt Kadis Sosial Aceh Besar Drs Rusdi mengatakan, Program BPNT di Aceh Besar kali ini ditujukan  kepada  28.232 kelompok penerima manfaat (KPM) yang tersebar di 23 Kecamatan di Aceh Besar.

Dijelaskannya, Program BPNT merupakan program dari pemerintah pusat yang dimaksudkan sebagai upaya penanggulangan kemiskinan di daerah. Oleh sebab itu, ia berharap agar kelompok penerima manfaat BPNT dapat menggunakan bantuan tersebut secara baik.

“Setelah dilaunching hari ini, semuanya akan disalurkan dalam beberapa hari ini,” ujar Rusdi.

Rusdi mengungkapkan, kriteria penerima BPNT salah satunya berpenghasilannya rendah, pekerjaannya tidak menentu, dari sisi tempat tinggal terutama atap rumah, dinding, lantai dan juga luas rumah tinggal untuk satu orang KPM sekitar 8 meter bujur sangkar. [is]

Rekomendasi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.