Wartawan Nusantaraterkini.com Terdaftar di Box Redaksi, Untuk Bergabung menjadi wartawan seluruh indonesia Hubungi : +62 822-8273-3432

Salut Untuk Jerih Payah Pembangunan Badan Jalan TMMD Reguler Brebes di Kalinusu

Loading...

Brebes – Di mata Sumitri (43), warga Dukuh Beji, Desa Kalinusu, Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, apa yang dilakukan Pemkab Brebes yang melakukan pembangunan infrastruktur di desanya melalui TMMD Reguler 109 Kodim 0713 Brebes, yaitu jalan tembus dari Dusun Karanganyar ke Dusun Kedung Kandri sepanjang 2,2 kilometer lebar 4-6 meter, adalah berkah bagi seluruh warga desanya atas perhatian Pemkab.

“Salut kepada jajaran TNI, Polri, ormas dan para pelajar di wilayah Kecamatan Bumiayu, serta seluruh pihak lainnya yang telah membangun jalan ke Dusun Kedung Kandri, sehingga kerabat kami disana tidak terisolir lagi,” ungkapnya, Selasa (27/10/2020).

Menurutnya, pembangunan jalan itu adalah jerih payah karena awalnya adalah hamparan persawahan milik warga setempat, dan para pemilik lahan sawah di Kalinusu yang merupakan warga dari desa/kecamatan tetangganya, yaitu Bantarkawung.

Sumitri juga mengapresiasi para pemilik sawah dan tegalan Desa Kalinusu dan dari desa tetangganya itu, karena mereka dengan keikhlasan menyumbangkan sebagian tanahnya untuk pelebaran atau pembukaan jalan.

Tak hanya itu, yang membuatnya salut lagi adalah pembangunan jalan itu panjangnya tidak tanggung-tanggung, padahal di RAB Pemkab hanya sepanjang 1.670 meter lebar 4 meter, sedangkan realisasi di lapangan adalah 2,2 kilometer lebar 4-6 meter, sehingga ada over prestasi sepanjang 530 meter.

Itu semua dilakukan agar jalan dari Dusun Karanganyar itu benar-benar tembus ke Dusun Kedung Kandri, sehingga manfaatnya benar-benar sempurna bagi warga disana yang baru saja terbebas dari keterisoliran selama 75 tahun. Untuk itulah dirinya mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak tersebut.

Sebagai informasi, dengan adanya akses jalan itu, kini masyarakat Kedung Kandri tidak lagi harus menyeberangi Kali Pemali dengan naik perahu untuk mendapatkan berbagai fasilitas pelayanan di wilayah desa/kecamatan tetangganya, Bantarkawung, karena mereka bisa mendapatkannya di desanya Kalinusu dengan langsung melewati jalan TMMD dalam waktu 5 menit menggunakan sepeda motor.

Sedangkan untuk sampai ke Kantor Balai Desa Kalinusu, setelah menyebrang rakit, mereka harus melanjutkan perjalanan darat sejauh 13 kilometer lebih (45 menit lebih), dengan melewati sejumlah desa di wilayah kecamatan tetangganya itu, kemudian ke wilayah Kecamatan Bumiayu, dan akhirnya tiba di tujuan. (Dar/Aan)

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.