535 JCH Aceh Besar di Peusijuk, Termuda 21 Tahun, Tertua 94 Tahun

Loading...

ACEH – Sebanyak 535 Jamaah Calon Haji (JCH) Aceh Besar yang terdiri dari 208 laki-laki dan 326 orang perempuan dilakukan pelepasan dan peusijuek (menepungtawari-red) di mesjid Jamik Lambaro, Kecamatan Ingin Jaya, Aceh Besar, Minggu (14/7/2019).

Prosesi peusijuk dan pelepasan dilakukan oleh Bupati Aceh Besar Mawardi Ali dan Wakil Bupati H Waled Husaini A Wahab untuk jamaah laki-laki dan jamaah perempuan di Peusijuk oleh Istri Bupati dan Wakil Bupati, yang disaksikan oleh unsur Forkompinda Aceh Besar.

Kepala Kantor Kemenag Aceh Besar H Abrar Zym menjelaskan, JCH Aceh Besar yang akan berangkat ke tanah suci mekkah pada tahun ini terbagi dalam 6 kloter masing-masing kloter 02, 04, 05, 08, 09 dan 12 Embarkasi Banda Aceh yang akan diberangkatkan mulai tanggal 24 Juli 2019 melalui Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda, Aceh Besar.

“Jumlah JCH yang berangkat tahun ini meningkat dibanding tahun-tahun lalu, jamaah termuda adalah Muhammad Rifqi Sulaiman (21 tahun) warga Gampong Barabung dan jamaah tertua adalah Ishak Hamid Sulaiman (94 tahun), asal Gampong Tunkop Kecamatan Darussalam Aceh Besar,” ujarnya.

Dikatakannya, para jama’ah JCH sebelum berangkat ke tanah suci sudah dibekali manasik haji sebagai bekal ilmu dan pengetahuan tentang seluk-beluk pelaksanaan ibadah haji pada bulan juni lalu dan juga sudah dibagikan kopernya.

Akbar Zym juga mengungkapkan, per tanggal 12 Juli 2019, jumlah jamaah Haji Aceh yang waiting list (daftar tunggu) untuk porsi provinsi Aceh 175.119 orang, untuk Aceh Besar sendiri mencapai 10.597 orang dengan masa tunggu 26 tahun.

Meskipun demikian, ia berharap masyarakat agar tidak memikirkan lama 26 tahunnya, akan tetapi silahkan mendaftarkan terus dari sekarang, siapa tahu nanti ada penambahan porsi keberangkatan, hal itu karena setiap tahunnya ada sekitar 60.000 orang se-Indonesia yang batal berangkat, otomatis nomor antrian akan naik.

Sementara itu, Bupati Aceh Besar Ir Mawardi Ali mengatakan, atas nama Pemerintah Kabupaten Aceh Besar mengucapkan selamat menunaikan Ibadah Haji kepada seluruh jamaah JCH yang dipilih oleh Allah pada tahun ini untuk berangkat ke tanah suci, ini merupakan rahmat yang luar bias, untuk itu ia berharap keberangkatan ini benar-benar karena Allah SWT dan menjaga perjalanan para jamaah hingga sampai ke tanah suci.

Selama berada ditanah suci, para jamaah diharapkan dapat beribadah dengan khusyuk, tekun serta memperbanyak doa. “Dalam menunaikan ibadah haji, para jamaah agar dapat memanfaatkan momentum ini untuk bisa secara maksimal melaksanakan ibadah dan rukun haji serta fokus beribadah agar bisa mencapai haji yang mabrur,” pinta Mawardi Ali.

Ia juga berpesan kepada para jamaah agar tidak membawa barang-barang yang tidak diperkenankan disamping menggangu kenyamanan juga menangganggu penerbangan dalam pesawat. “ikutilah aturan yang sudah ditetapkan, baik itu aturan di bandara, dalam pesawat begitu juga dengan aturan yang berada ditanah suci mekkah,” imbaunya.

Mawardi Ali juga berharap kepada semua JCH untuk menjaga kesehatannya selama berada di tanah suci, karena kondisi di tanah Air dengan kondisi di Mekkah itu berbeda, baik iklim, maupu budayanya, juga suasananya beda. “Untuk itu, jagalah kesehatan serta berdoa banyak-banyak kepada Allah supaya tanah air yang ditinggalkan khususnya Aceh Besar ini menjadi negeri yang di Ridhai oleh Allah SWT,” pungkas Bupati Aceh Besar. (Is)

Loading...
Rekomendasi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.