Wartawan Nusantaraterkini.com Terdaftar di Box Redaksi, Untuk Bergabung menjadi wartawan seluruh indonesia Hubungi : 0822-8166-4736

38 OTG di Inhu, Semuany Negatif Covid 19

Loading...

INHU – Juru Bicara (Jubir) Tim Gugus Tugas Penanggulangan Corona atau Covid-19 Provinsi Riau, dr Indra Yopi mengatakan, terdapat satu orang terkonfirmasi positif Covid-19, Indragiri Hulu super waspada. Karena pasien berinisial AS (54) itu warga Kota Pekanbaru yang bekerja di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu).

Jubir Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Jawalter Situmorang menghimbau warga Inhu untuk lebih waspada terhadap penyebaran pandemi virus corona, pasalnya terhitung tanggal 06/05 terjadi lonjakan kasus Orang Tanpa Gejala (OTG) virus Corona. “Jika sebelumnya kita tidak memiliki OTG, maka hari terhitung hari ini kenaikan langsung signifikan menjadi 38 Orang,” ujar Jawalter Situmorang saat siaran pers dengan sistem daring, Rabu (6/5/2020).

Sementara itu, ditempat terpisah Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Inhu, Elis Julinarti mengatakan dari dari 38 OTG tersebut pihaknya telah melakukan rapid test dan hasilnya dinyatakan negatif. Meski begitu pihaknya juga telah mengambil sampel dari OTG tadi untuk untuk dilakukan pengujian swab PCR. “Alhamdulliah hasil rapid test negatif, namun agar lebih akurat sampel sudah kita kirim ke Pekanbaru,” ujar Elis saat dihubungi Gatra.com.

Elis menjelaskan, bahwa salah satu penular virus yang sulit diantisipasi berasal dari OTG. Karena OTG sendiri merupakan kategori baru dalam pedoman penanganan virus corona yang ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan. Kendati demikian seluruh OTG tadi menurut dia kini dilakukan pemantauan secara insentif guna mencegah penyebaran virus. “Selain dipantau exsklusif kawan-kawan yang masuk dalam OTG itu, juga tengah melakukan isolasi mandiri, sembari menunggu hasil swab,” tutur Kadis yang santer dipanggil bunda oleh wartawan.

Pada kesempatan ini, Elis kembali mengingatkan masyarakat untuk mematuhi imbauan pemerintah dengan tetap di rumah. Jika pun harus keluar tetap menggunakan masker, menerapkan pola psychal dan sosial distancing serta rutin mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer.

Untuk diketahui tim gugus tugas Pemkab Inhu saaat ini mendata terdapat umulatif pelaku perjalanan (PP) dari tanggal 28 Maret s/d 6 Mei 2020 sebanyak 3.993 orang, dengan rincian PP dalam pemantauan 734 orang (20,30%), dan PP selesai pemantauan 3.259 orang (79,70% ). Untuk Total PDP sebanyak 3 orang, yaitu PDP masih di rawat 2, dan PDP sehat dan pulang 1. Untuk kasus Positif Covid-19 (Konfirmasi) sendiri 1 orang. (Holmes Pane/adv)

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.