Terbit : 4 Januari, 2020 - Jam : 12:16

30 Pramuka Penegak Di Ketanggungan Brebes Siap Menjadi Keluarga Baru SWK Koramil

Loading...

Brebes – Koramil 15 Ketanggungan Kodim 0713 Brebes, menerima puluhan Pramuka penegak tingkat SMU/SLTA se-wilayah Kecamatan Ketanggungan, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah untuk tergabung dalam Saka Wira Kartika (SWK). Sabtu pagi (4/1/2020).

Upacara penerimaan dipimpin langsung oleh Danramil, Kapten Infanteri Sugeng Wiratno, dan dihadiri juga Ketua Ormas OI Ketanggungan Fahrudin, Pamong SWK Serma Watimin, serta Panitia SWK Ade Komala (17).

Dijelaskan Danramil bahwa, kegiatan berlangsung selama dua hari (4-5/1) dan para peserta akan dibekali pengenalan tentang materi kesakaan, Wawasan Kebangsaan (Wasbang) serta 5 (lima) krida yang meliputi krida navigasi darat, pionering, mountaineering, survival dan penanggulangan bencana.

“Selain materi yang diberikan oleh anggota kami dan pembina SWK senior, mereka juga akan dibekali materi Narkoba dan kenakalan remaja dari Binmas Polsek serta materi kepemimpinan oleh Mabides (Majelis Pembimbing Desa) melalui Kepala Desa,” terang Sugeng kepada Nusantara Terkini.Com selepas memberikan materi Wasbang.

Sementara ditambahkan Pembina SWK, Serda Solekhudin, bahwa para peserta yang berasal dari 7 sekolahan ini nantinya akan dikukuhkan menjadi keluarga besar SWK Koramil Ketanggungan untuk dua bulan kedepan.

“Setelah menjalani tradisi pelatihan setiap hari Sabtu selama dua bulan kedepan, mereka nantinya akan dilantik menjadi anggota SWK Koramil Ketanggungan,” jelasnya.

Ditambahkannya, peserta ini akan bertenda selam dua hari di lingkungan Makoramil. Semua kegiatan pengenalan dijalankan menggunakan sistem pamong dan prinsip-prinsip metode pendidikan kepramukaan.

“Tujuan tradisi ini adalah untuk mengembangkan dan membina watak, mental, moral, jasmani, bakat, pengetahuan, pengalaman serta keterampilan para anggota yang akan tergabung nantinya,” pungkas Solekhudin.

Untuk diketahui, tambahan bekal berupa wawasan kebangsaan merupakan bagian dari pembinaan teritorial Koramil. Juga sebagai pembinaan perlawanan wilayah dengan memantapkan bela negara kepada generasi muda melalui Pramuka.

Hal ini juga telah disesuaikan dengan ketentuan dari Kwartir Nasional dan TNI-AD, dengan harapan kedepannya mereka juga mampu berperan membantu tugas TNI sebagai relawan bersama pihak lainnya jika terjadinya bencana alam di Kabupaten Brebes khususnya. (Aan/Red)

Rekomendasi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.