Ayo Gabung, Menjadi Jurnalis Profesional, di Seluruh Indonesia, Kontak : 082279249494

Sebelas Sekolah Di Lubuk Linggau Terpaksa Menumpang Laksanakan UNBK, Mengapa?

NusantaraTerkini.Com, Lubuk Linggau – Siswa di sebelas SMA dan MA di Kota Lubuk Linggau terpaksa harus menumpang untuk mengikuti ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Hal itu lantaran sebelas sekolah tersebut tidak memiliki jaringan internet.

Salah satunya yakni SMA Negeri 7 yang harus menumpang untuk mengikuti ujian berbasis komputer.

“Karena di sekolah kita belum ada jaringan internet, dan ditambah kurangnya perangkat komputer. Maka para siswa harus menumpang di sekolah lain untuk ikut UNBK,” Kata Kepala Sekolah SMAN 7, Yurizal, Senin (09/04/2018).

Disisi lain, Kepala MKKS SMA Lubuk Linggau, Zulkarnain membenarkan adanya sekolah yang menumpang untuk mengikuti UNBK.

Lebih jauh ia mengatakan, untuk jumlah peserta Ujian Nasional (UN) tahun 2018 berjumlah lebih kurang 3206 perserta terdiri dari SMA dan MA se Kota Lubuk – Linggau.

Masih menurut Zulkarnain, untuk sekolah yang menyelenggarakan UN berjumlah 31 sekolah dengan 9 sekolah negeri, 2 Aliyah sisanya 20 sekolah swasta.

“Hampir seluruh sekolah melaksanakan UNBK yakni sekitar 100%, baik negeri maupun swasta. Hanya saja, yang bergabung dengan SMK 1 Lubuklinggau ada beberapa sekolah diantaranya, SMAN 7, SMAN 8, SMAN 9 dan SMA PGRI 1 Lubuklinggau,” jelasnya lagi.

Lebih lanjut, Zulkarnain menjelaskan, keempat sekolah tersebut melaksanakan ujian di SMK 1 Lubuk -Linggau lantaran fasilitas disekolahnya masih minim, sebab kurangnya komputer serta server dan jaringan komputer.

“Maka dari itu bergabung atau dilaksanakan di SMK 1 Lubuk – Linggau,” ucap Zulkarnain.

Kedepannya yang harus diperhatikan agar bisa melaksanakan UNBK yakni fasilitasnya harus mendukung dan lengkap, oleh sebab itu pihak sekolah harus melakukan usulan tambahan fasilitas tersebut.

“Memang, dari usulan tersebut pemerintah pusat kadang kala terbatas bantuannya sedangkan sekolah masih banyak yang kurang dan minim, mungkin itu juga jadi pertimbangan,” kata Zulkarnain.

Ia juga berharap kepada para pihak terkait untuk menjaga fasilitas pelaksanaan UNBK baik komputer, server, genset yang paling penting yakni pihak telkom dan PLN.

Pelaksanaan UNBK, hari pertama di Kota Lubuk Linggau berjalan lancar.(Sutrisna)

Redomendasi
Comments
Loading...