Ayo Gabung, Menjadi Jurnalis Profesional, di Seluruh Indonesia, Kontak : 082279249494
nusantara terkini
Bermedia Bersama Rakyat

Tidak Hadir Saat Debat, Paslon Akan di Sanksi

NusantaraTerkini.Com, Bengkulu Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bengkulu, akan memberikan sanksi bagi pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Bengkulu yang tidak hadir saat Debat Kandidat.

Sebab, disampaikan Sri Hartati, Komisioner KPUD Bengkulu, kehadiran paslon saat debat kandidat sangat penting, beda halnya dengan salah satu diantara paslon yang tidak hadir karena ada keperluan lain, ini tidak akan diberikan sanksi dengan syarat menyertakan dokumen berupa surat resmi dari lembaga yang bersangkutan.

“Kalau paslon yang tidak ikut debat akan ada sanksi. Tapi kalau diantaranya ada yang hadir, itu kan berarti mereka tidak melanggar. Itu kan pasangan calon yang dikatakan, kecuali kalau dua – duanya tidak hadir,” ujar Sri, Selasa (8/5/18).

“Tapi kita lihat dulu tidak hadir itu karena apa. Apa karena sakit, itu harus dibuktikan dengan surat dari lembaga yang berwenang yang berhubungan dengan sakit. Kalau misalnya dia menjalankan ibadah, itu juga harus ada surat dari lembaga yang bersangkutan,” sambungnya.

Sri juga menegaskan, jika benar adanya paslon yang tidak hadir, maka akan dinyatakan menolak mengikuti debat kandidat yang diselenggarakan pihak KPU dan akan segera ditindaklanjuti.

“Tapi kalau misalkan pasangan calon, bukan salah satu diantaranya. Dan kalau mereka memang menolak dan itu dinyatakan oleh KPU, maka akan diberikan sanksi dan diberikan oleh KPU bahwa pasangan sekian menolak untuk mengikuti debat. Selanjutnya sisa iklan itu tidak akan ditayangkan lagi,” tegasnya.

Sementara, sampai saat ini pihaknya belum menerima surat pemberitahuan dari paslon yang berhalangan hadir.

“Belum ada surat pemberitahuan dari pasangan calon yang berhalangan hadir. Jadi kita belum tau. Yang jelas kita sudah menyerahkan undangan kepada setiap paslon untuk hadir pada debat kandidat,” tutupnya.

Di sisi lain, memasuki Debat Kandidat yang kedua, KPU akan melakukan rapat evaluasi terkait debat yang pertama. Hal yang akan diperbaiki segera ditindaklanjuti oleh pihak KPU. (Nindri/cw2)

Anda mungkin juga berminat
Comments
Loading...