Bermedia Bersama Rakyat

Tani Mandiri, Kelolah Pupuk Organik Berbahan Urine Kambing

Jagong Bareng Tingkatkan Kemandirian Petani
Jagong Bareng Tingkatkan Kemandirian Petani

NusantaraTerkini.Com, Jawa Tengah – Konsep kemandirian petani dengan menguasai masalah pertanian Dari hulu hingga hilir, menjadi tema utama jagong bareng. Konsep ini juga menjadi ruh gerakan para petani Dari 8 titik kantong petani di Jawa Tengah. Delapan titik itu adalah kabupaten Brebes, Tegal, Kota tegal, Blora, Temanggung, Sukoharjo, Purwodadi dan Pati yang sekaligus sebagai tuan rumah.

Acara yg digelar komunitas warung bambu di desa kembang, Dukuh Seti ini diikuti oleh para petani yang tergabung dalam asosiasi petani pengolah horticultura Jawa tengah.

Menjadi istimewa, acara yg dipandu langsung oleh ketua asppehorti jateng, Prikuntadi Kunto ini, juga dihadiri Mustoha Iskandar, ketua asppehorti Pusat yang juga pengawas perum perhutani Indonesia.

Kemandirian petani yang menjadi gerakan bersama ini, Diawali dengan membuat ramuan pupuk sendiri. Di setiap kantong Tani. Diantaranya daerah Tegal yang telah berhasil meramu pupuk cair dari urin kambing.  Ramayana pupuk mandiri, baik cair maupin padat, yang dibantu langsung tata caranya oleh mas Kunto. (NU007)

- Advertisement -

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.