Bermedia Bersama Rakyat

Pandangan Umum Fraksi-Fraksi Terhadap Nota Penjelasan Gubernur Tentang Raperda Perubahan APBD Provinsi Bengkulu TA 2017

NusantaraTerkini.com, Bengkulu – Anggota Dewan Provinsi Bengkulu kembali menggelar Rapat Paripurna DPRD Provinsi Bengkulu yang ke-5 masa persidangan ke-3 tahun sidang 2017, dengan agenda mendengarkan penyampaian pemandangan umum fraksi-fraksi terhadap Nota Penjelasan Gubernur atas Raperda tentang Perubahan APBD Provinsi Bengkulu Tahun Anggaran 2017, Senin (25/9/2017).

Rapat ini dipimpin Wakil Ketua DPRD Provinsi Bengkulu Edison Simbolon, yang dihadiri oleh Asisten I Gubernur Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, serta unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) Provinsi Bengkulu, yang berlangsung di ruang Rapat Paripurna DPRD Provinsi Bengkulu.

Dari penyampaian umum fraksi-fraksi, ada beberapa koreksi dan tanggapan dari fraksi-fraksi. Seperti dari Fraksi Keadilan dan Pembangunan yang menyoroti berkurangnya pendapatan asli daerah.

“Kami mempertanyakan dan meminta penjelasan, apa penyebab terjadinya berkurangnya pendapatan pada RAPBD tahun 2017 ini,” kata Yulia Susanti, saat menyampaikan pandangan fraksinya.

Karena menurut pihaknya, dengan berkurangnya pendapatan daerah, maka dapat mempengaruhi perencanaan program pembanguan Provinsi Bengkulu yang telah direncanakan tahun ini, dan telah dimasukan dalam Anggaran APBD tahun 2017.

Namun, secara keseluruhan, dari semua penyampaian pandangan umum farksi-fraksi yang terdiri dari delapan fraksi, yaitu, fraksi PDIP, Demokrat, Gerindra, Golkar, PAN, Nasdem, Kebangkitan Nurani serta Fraksi Keadilan dan Pembangunan, meyetujui Raperda tersebut dibahas ke tingkat selanjutnya.

“Maka, fraksi Kebangkitan Nurani manyatakan sikap fraksi, yakni menyetujui Raperda Provinsi Bengkulu tentang APBD perubahan Tahun Anggaran 2017, untuk ditingkatkan ke tingkat pembahasan lebih lanjut,” sampai Jauhari Salim, meyampaikan pandangan umum fraksinya.

Selanjutnya, dengan telah disampaikan dan disetuji oleh seluruh fraksi-fraksi, maka agenda Rapat Paripurna selanjutnya mendengarkan jawaban Gubernur terhadap pandangan umum fraksi- fraksi, yang rencananya akan digelar pada hari Selasa (26/9/2017), dalam Rapat Paripurna ke -6 nanti.

“Mudah-mudahan semua tanggapan, koreksi dan saran yang telah disampaikan, kiranya dapat dijadikan bahan masukan sebagai usaha kita bersama, dalam rangka menyempurnakan Raperda tersebut,” kata pimpinan sidang Edison Simbolon, sesaat sebelum menutup Rapat Paripurna tersebut.(gempo88/ADV)

- Advertisement -

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.