Bermedia Bersama Rakyat

‘Mengurus IMB Itu Sangatlah Mudah’

Foto Ilustrasi

NusantaraTerkini.Com – Banyak masyarakat yang merasa malas untuk membuat sendiri surat Izin Mendirikan Bangunan (IMB). Bahkan diantara mereka justru menyuruh orang lain ataupun calo karena tidak tahu menahu tentang cara mengurus maupun syarat IMB.

Padahal jika mau dikerjakan, ternyata mengurus IMB itu sangatlah mudah. Asal pastikan dulu untuk melengkapi seluruh dokumen agar proses pembuatan IMB lebih lancar dan mudah.

Kepala Bidang Perekonomian dan Pengembangan Badan Pelayanan Perizinan Terpadu dan Penanaman Modal (BPPT-PM) Kota Bengkulu Toni Harisman menjelaskan alur pengurusan IMB, yang dimulai dengan mengajukan permohonan beserta syarat lengkap ke BPPT. Kemudian BPPT mengirim berkas tersebut ke Dinas Tata Ruang dan Perumahan Kota Bengkulu.

“Nanti Dinas Tata Ruang mengeluarkan rekomendasi apakah bisa diterbitkan atau tidak? baru BPPT mengeluarkan IMB,” jelas Toni, Senin, 10 Oktober 2016, di ruang kerjanya.

Rekomendasi dari Tata Ruang sangatlah penting sebab setelah itu, BPPT akan menghitung retribusi terhadap IMB tersebut, lalu disampaikan ke pemohon dan pemohon IMB melakukan pembayaran retribusi ke Bank Rakyat Indonesia (BRI), yang menjadi mitra Pemerintah Kota Bengkulu. Kemudian kembali lagi ke BPPT dengan bukti pembayaran/setoran bank, IMB pun sah didapatkan pemohon.

“Kalau untuk syarat IMB, tergantung IMB apa yang akan diurus, tapi secara umum syaratnya adalah ada persetujuan dari warga setempat, KTP, sertifikat tanah/lahan, PBB 2016, nanti Tata Ruang survei ke lapangan. Untuk usaha tertentu harus juga menyertakan izin lingkungan sebagai syarat tambahan,” terangnya.

Untuk informasi lebih lanjut dan lebih terperinci, calon pemohon IMB bisa langsung mendatangi Kantor BPPT. Yang pasti bahwa mengurus IMB itu gampang dan sangatlah mudah, asal semua persyaratan lengkap. [NU9u3]

- Advertisement -

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.