nusantara terkini
Bermedia Bersama Rakyat

Koperasi se-Kota Bengkulu Belum Ada NIK

Eddyson

NusantaraTerkini.Com – Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro dan Kecil Menengah (Diskop dan UMKM) Kota Bengkulu Eddyson mengungkapkan bahwa seluruh koperasi di Kota Bengkulu belum memiliki Nomor Induk Koperasi (NIK). Saat ini Diskop tengah melakukan pendataan koperasi yang selanjutnya akan ditertibkan, berdasarkan surat edaran Kementerian Koperasi.

Eddyson
Eddyson

“Koperasi-koperasi yang sudah lama diwajibkan memperoleh NIK, dalam rangka penertiban koperasi, tapi yang bisa mendapatkan NIK itu koperasi yang sudah lama, kalau yang baru belum,” ungkap Eddyson saat dikonfirmasi Pewarta, Senin 26 September 2016.

Adapun persyaratan untuk mendapatkan NIK tersebut antara lain, idealnya syarat normal pendirian koperasi, seperti jumlah minimal anggota dan lain-lain. Kemudian melampirkan buku rapat anggota tahunan (RAT)-nya selama dua tahun berturut-turut.

“Kita minta berkas koperasinya, kita minta buku RAT-nya, isi blanko, setelah itu kita daftarkan, baru keluar NIK-nya. Namun syarat sah NIK tersebut hatus mendapatkan sertifikasi dari Kementerian Koperasi,” terang Eddyson sembari menjamin bahwa pengurusan NIK tidak makan waktu lama dan tidak ribet. [NU9u3]

- Advertisement -

Anda mungkin juga berminat
Comments
Loading...