Ayo Gabung, Menjadi Jurnalis Profesional, di Seluruh Indonesia, Kontak : 082279249494
nusantara terkini
Bermedia Bersama Rakyat

Kodam Cenderawasih Dukung Rektor Dan Polisi Tindak Tegas Intervensi Pelaku Separatis Di Kampus

NusantaraTerkini.Com, Papua – Kodam XVII/Cenderawasih menyayangkan adanya dugaan penyusupan kelompok tertentu yang bersebrangan dengan NKRI dalam Ospek Universitas Cenderawasih (Uncen) beberapa waktu lalu.

Pangdam XVII/Cenderawasih, Mayjen TNI George E. Supit, melalui Wakapendam XVII/Cenderawasih Letkol Inf Dax Sianturi, S.E juga mendorong pihak Kepolisian dan Rektorat untuk tegas menindak oknum mahasiswa yang terlibat.

“Tindakan oknum mahasiswa itu bentuk penghianatan terhadap sejarah Uncen, karena institusi pertama yg dibangun Indonesia di Papua itu adalah Uncen,” tegas Wakapendam dalam acara temu wartawan di Kodam XVII/ Cenderawasih, Rabu (15/8) siang.

Lebih lanjut dikatakan, bukan tanpa alasan Uncen sebagai institusi pertama yang dibangun. Hal ini karena yang diinginkan negara adalah membangun pendidikan lebih dulu.

“Apa yang dilakukan oknum mahasiswa itu bisa dikatakan makar, ada perkumpulan ada persengkokolan yang punya tujuan tidak benar,” tambahnya.

Menurutnya selama pihak TNI juga tak diam melainkan melakukan upaya-upaya pembinaan terhadap generasi muda Papua melalui Kodim dan Koramil.

“Kodim juga terus melakukan pembinaan terhadap generasi muda dan kami kedepan inginkan bagaimana anak muda Papua tak hanya berpikir ke arah politik tapi juga punya peran di bidang olahraga dan kesenian,” jelasnya lagi.

Disampaikan keberadaan Papua dalam NKRI itu sudah final untuk itu mahasiswa hendaknya berpikir ke depan dan tak hanya melihat ke belakang lalu terpaku dengan masa lalu.

Ia juga menginginkan mahasiswa tak berpikir berdasarkan warna kulit akan tetapi berpikir bahwa negara ini berdiri dengan konsep persatuan. Persatuan dari berbagai perbedaan yang ada dari Sabang sampai Merauke.

Meski sempat viral, rektor Uncen Apolo Sanfanpo sudah melakukan klarifikasi dan dengan tegas menyebutkan Ospek Uncen disusupi kelompok pihak luar yang mengacaukan di dalam Kampus Uncen. Apolo juga brjanji menindak tegas mahasiswa jika terbukti melakukan pelanggaran selama Ospek berlangsung. (FN)

Anda mungkin juga berminat
Comments
Loading...