Keluarga Besar NusantaraTerkini.Com, Mengucupkan Selamat Menunaikan Ibadah Puasa, Semoga Limpahan Baroka Untuk Kita semua
nusantara terkini
Bermedia Bersama Rakyat

Koalisi Anti Ijon Minta Kondisi Lingkungan Bengkulu Jadi Materi Debat Kandidat

NusantaraTerkini.Com, Bengkulu  Koalisi Anti Ijon Politik Bengkulu mengharapkan agar pasangan calon (Paslon) Wali Kota dan Wakil Wali kota Bengkulu membahas kondisi lingkungan di Kota Bengkulu pada debat kandidat ke 3. Sebab, menurut mereka, kondisi lingkungan di Bengkulu saat ini sangat memprihatinkan.

Dipaparkan koordinator koalisi, Olan Rahayu, berdasarkan uji laboratorium yang disesuaikan dengan Peraturan Pemerintah mengenai pengelolaan kualitas air dan pengendalian pencemaran air, diketahui bahwa air sungai Bengkulu sudah bergeser, dari selama ini berstatus kelas 1 atau layak minum menjadi kelas 3 yang hanya layak untuk budidaya perikanan.

Melihat fakta krisis yang terjadi terhadap lingkungan, terlebih pada sungai Bengkulu, dirinya berharap agar ke 4 paslon untuk membahas mengenai lingkungan Bengkulu, mengingat visi dan misi setiap paslon hanya mengangkat permasalahan Tata Pemerintahan, Sumber Daya Manusia, Ekonomi, Infrastruktur, Pendidikan, dan Penegakan Hukum.

“Pada debat pemilihan walikota yang ke 3 nantikan ada pembahasan soal lingkungan, kami ingin isu ini masuk dalam pembahasan debat tersebut, melihat dari visi dan misi ke – 4 calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota tidak ada yang membahas soal lingkungan, yang ada soal pemerintahan, ekonomi, pendidikan, infrastruktur serta sumber daya manusia, Jadi kami ingin isu pencemaran sungai ini diangkat dalam debat kandidat nanti,” kata Olan, Minggu, (6/5/18).

Ditambahkan Olan, bahwa pihaknya sudah menyampaikan hal ini kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bengkulu, namun kata Olan, pihak KPU mengatakan hanya ada tim penyusun debat, tidak ada panelis.

“Kami sudah menyampaikan hal ini kepada pihak KPU, namun katanya untuk panelis debat tahun ini tidak ada, hanya ada tim penyusun debat,” tambah Olan.

Lebih lanjut disampaikannya, sungai Bengkulu sampai saat ini masih tercemar oleh batu bara, mengalir dari hulu di wilayah Kabupaten Bengkulu Tengah dan berakhir dihilir wilayah Kota Bengkulu. Faktanya, krisis yang sejak lama terjadi sampai saat ini belum ada penyelesaian dari Pemerintah, untuk itu harapnya lagi, agar paslon mengangkat terkait isu tersebut.

Berikut Seruan Koalisi Anti Ijon Politik Bengkulu:

1. Sudah seharusnya menjadi perhatian pihak penyelenggara Pemilu seperti KPU, Bawaslu serta seluruh pemangku Pemilu lainnya, mulai dari kota sampai dengan tempat pemungutan suara seharusnya bekerja tanpa lelah untuk memastikan bahwa pemilihan wali kota ini adalah wali kota bebas ijon.

2. Pemilih yang notabene adalah penentu siapa yang akan menjadi penguasa diharapkan mampu berpikir cerdas untuk tidak melakukan transaksi suara, di mana hasilnya hanya cukup untuk beli pisang goreng. Fakta Sungai Bangkahulu, hancurnya wilayah stockpile batubara serta runtuhnya fungsi ekologis penyangga kehidupan seharusnya membuat kita sadar bahwa akar dari semua persoalan ini adalah bersandarnya para penguasa akibat terlalu bernafsu untuk menjadi pemimpin pemerintahan. (Nindri/Cw2)

- Advertisement -

Anda mungkin juga berminat
Comments
Loading...