Bermedia Bersama Rakyat

Keberadaan Semen Merah Putih, Sikapi Dengan Solusi

Semen Merah Putih
Semen Merah Putih
Semen Merah Putih

NusantaraTerkini.Com – Keberadaan PT Cemindo Gemilang menciptakan polemik, sebabnya PT yang memproduksi semen merah putih tersebut masih bermasalah dengan izin.

Meski baru-baru ini Walikota Helmi Hasan telah melakukan penandatanganan Mou, terkait rencana pembangunan pabrik semen di Kelurahan Sumber Jaya Kecamatan Kampung Melayu Kota Bengkulu. Karenanya permasalahan ini harus disikapi dengan solusi.

Dalam hearing DPRD Kota Bengkulu bersama pihak eksekutif dan semen merah putih, Senin 22 Agustus 2016, anggota dewan menegaskan bahwa PT Cemindo Gemilang jangan dulu beroperasi hingga tidak ada lagi kendala dalam hal perizinan.

“Selesaikan dulu izin baru beroperasi,” kata Anggota Komisi II DPRD Kota Bengkulu Hamsi. Senada, hal yang sama juga diutarakan pihak eksekutif, melalui BLH dan Dinas Tata Ruang dan Perumahan Kota Bengkulu.

Sementara itu, seorang aktivis mahasiswa yang konsen terhadap perkembangan pembangunan kota, Fahruri, memberi tanggapan. Menurutnya, keberadaan investor yang akan berinvestasi di Kota Bengkulu sudah selayaknya harus mendapatkan dukungan.

Pasalnya, banyak keuntungan yang bisa diambil dengan banyaknya perusahaan-perusahaan yang berdiri. Baik itu pendapatan asli daerah maupun penciptaan lapangan pekerjaan, yang tentu saja berdampak pada perekonomian masyarakat kota. “Tapi dengan catatan investor juga harus taat akan regulasi, juga bukan regulasi yang dipanjang-panjangkan,” tutur dia.

Sebelumnya, pada tanggal 18 Agustus 2016 Walikota menandatangani MoU dengan pihak PT Cemindo Gemilang. Diketahui, tahun 2016 ini pembangunan pabrik semen ditargetkan tuntas, sehingga tahun 2017 mendatang sudah mulai beroperasi. Pembangunan pabrik ini sendiri diperkirakan akan menelan anggaran hingga Rp 150 miliar.

“Investasi ini merupakan aset dan Pemda Kota Bengkulu sendiri telah memberikan support yang luar biasa, sehingga semua tahap perizinan dan pembangunan pondasi sudah mulai diselesaikan. Kami dari pihak investor sangat berterima kasih dan akhir tahun ini kami optimis sudah bisa beroperasi,” ungkap perwakilan PT Cemindo gemilang Andre wenas. [DS]

- Advertisement -

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.