nusantara terkini
Bermedia Bersama Rakyat

Harga Tidak Sesuai Label, Lapor BPSK

Foto Ilustrasi

NusantaraTerkini.Com – Dewasa ini banyak ditemukan di gerai beberapa supermarket atau minimarket, harga suatu produk atau barang di label rak atau berbeda dengan harga yang ada di kasir.

Hal ini tentu saja sangat merugikan konsumen, karenanya Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) dibentuk untuk mengakomodir perlindungan konsumen. Ke depan, ketika konsumen merasa dirugikan dalam hal apapun, jangan takut silahkan lapor BPSK.

BPSK merupakan salah satu lembaga peradilan konsumen yang berkedudukan di setiap daerah di seluruh Indonesia. Sebagaimana diatur oleh UU nomor 8 tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Tugas utamanya adalah menyelesaikan persengketaan konsumen di luar lembaga pengadilan umum.

Kehadiran BPSK juga diharapkan dapat meningkatkan pemahaman terhadap hak konsumen akan informasi yang benar, jelas, jujur serta mampu menjadi agen perubahan dan penentu ekonomi nasional. Melalui gerakan konsumen cerdas, mandiri dan cinta produk dalam negeri.

Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Bengkulu Ismed Lakoni mengatakan, konsumen harus teliti saat membeli suatu produk, sehingga konsumen tidak dirugikan.

“Kadang-kadang kita berbelanja tidak melihat terlebih dahulu, asal hantam saja tidak sedikitpun membaca label yang tertera. Jadi masyarakat Bengkulu diharapkan dapat menjadi konsumen yang cerdas dalam memilih produk,” imbaunya. [NU9u3/Morecka MC]

- Advertisement -

Anda mungkin juga berminat
Comments
Loading...