Ayo Gabung, Menjadi Jurnalis Profesional, di Seluruh Indonesia, Kontak : 082279249494
nusantara terkini
Bermedia Bersama Rakyat

Danrem 071/WK : Pembangunan TMMD Pasegeran, Juga Bangun Lingkungan Nabati

NusantaraTerkini.Com, Banjarnegara – Degradasi lingkungan nabati terus terjadi dan cenderung meningkat karena kurang pedulinya manusia akan pentingnya tumbuh-tumbuhan yang antara lain berfungsi sebagai penyerap dan menyimpan air hujan untuk menghidarkan dari banjir, penyimpan cadangan air tanah, habitat bagi berbagai organisme yang membentuk keseimbangan alam dengan jaring-jaring makanannya. Kemudian hal yang paling penting adalah manusia membutuhkan oksigen untuk bernafas sebesar 0,5 kg perhari/orang, sedangkan pohon menghasilkan oksigen rata-rata 1,2 kg perhari/batangnya dengan menyerap karbondioksida. Selasa. (10/7/18)

Selain manfaat tersebut, pohon juga berperan besar dalam pencegahan erosi, abrasi maupun bahaya tanah longsor terutama didaerah pegunungan, mencegah pemanasan global (global warming), mengurangi polusi serta Pohon sebagai penyedia makanan bagi makhluk hidup.

Terkadang pembukaan lahan untuk kepentingan pembangunan jalan mengharuskan terjadinya penebangan sejumlah pohon di perkebunan maupun hutan. Berbagai manfaat pohon tersebut menempatkan kegiatan menanam pohon sebagai salah satu bentuk nyata dalam upaya penyelamatan lingkungan. Untuk itulah dalam upacara pembukaan TMMD Reguler 102 Banjarnegara, dilaksanakan penyerahan dan penanaman bantuan ratusan bibit pohon kepada warga desa sasaran TMMD, Desa Pasegeran Kecamatan Pandanarum, yang secara simbolis telah diserahkan oleh Wakil Gubernur Jateng, Drs. H. Heru Sudjatmoko, M.Si kepada Kades setempat, Aris Winarno, S.Sos.

Tanam Pohon

Dalam kesempatan yang sama juga, Danrem 071 Wijaya Kusuma, Kolonel Kav. Dani Wardhana, S.Sos, MM yang didampingi Ketua Persit Koorcabrem 071, Ny. Anita Dani Wardhana berkesempatan menanam pohon kopi di pinggir lapangan desa tersebut.

Menurut Danrem, pohon-pohon yang ditanam disini akan memiliki fungsi ganda yang akan bermanfaat bagi masyarakat kedepannya, untuk meningkatkan pendapatan warga dengan hasil buah nantinya. “Selain manfaat buah, fungsi pohon dilapangan ini nantinya selain sebagai tempat berteduh bagi warga yang berolahraga, pohon ini juga sebagai penyumbang unsur estetika dengan menghilangkan unsur gersang,” terangnya.(pendim0704bna)

Anda mungkin juga berminat
Comments
Loading...