Bermedia Bersama Rakyat

Belanda Siap Bantu Bengkulu Kembangkan Pelabuhan Laut

Gubernur Ridwan Mukti Mempresentasikan potensi Bengkulu di hadapan Dubes Belanda Di Jakarta

Dubes Belanda Tampak Antusias Menyambut Kedatangan Gubernur Bengkulu

NusantaraTerkini, Jakarta – Mengejar ketertinggalan Bengkulu, Gubernur Ridwan Mukti terus berupaya membuka akses kerjasama dengan berbagai pihak, termasuk jalin kerjasama dengan Belanda. Sebagai langkah konkrit, Ridwan Mukti bertemu Duta Besar (Dubes) Belanda Rob Swartbol, membahas kerjasama lintas sektor.

Pertemuan yang berlangsung di Jalan HR Rasuna Said Kav.S-3 Jakarta, pada Kamis (8/9) ini tampak hangat dan akrab. Dalam kesempatan itu, Ridwan Mukti memaparkan Visi-Misi serta beberapa program prioritas. Ridwan Mukti juga menegaskan pemerintah Provinsi Bengkulu saat ini, sejalan dengan program kemaritiman presiden Jokowi.

Dubes Belanda Rob Swartbol mengaku sangat bahagia atas kunjungan Gubernur Bengkulu. Menurut Rob Swartbol yang juga mantan Sekretaris Pribadi Menteri Luar Negeri Belanda 1995–1998 ini, kedatangan gubernur beserta rombongan sangat tepat, sebab ada rencana Perdana Menteri Belanda akan ke Indonesia, dan hasil pertemuan ini dapat segera ditindaklanjuti.

Lebih lannjut, Ridwan Mukti memaparkan terkait pengelolaan pelabuhan Pulau Baai. Ridwan Mukti menjelaskan permasalahan kondisi pelabuhan yang sering mengalami pendangkalan dan ingin belajar banyak dari Negara Belanda yang terkenal dengan pengelolaan pelabuhannya.

Mantan Anggota DPR RI dua periode ini juga menyampaikan, untuk mendukung program pusat terkait tol laut, di Bengkulu setidaknya diperlukan 3 pelabuhan, Pelabuhan Linau, Pulau Baai dan Bantal.

Selain masalah pelabuhan, Gubernur juga menyampaikan potensi sumber daya alam terutama di bidang pertanian, perkebunan, peternakan, energi serta potensi wisata di Provinsi Bengkulu terutama peninggalan-peninggalan Belanda seperti kuburan Belanda.

Menanggapi paparan Gubernur Bengkulu, Dubes Belanda yang juga Direktur Jenderal Kerja Sama Internasional Cooperation ini menjelaskan, siap membantu Provinsi Bengkulu untuk studi dengan para Insinyur mereka guna pengembangan pelabuhan.

Di sektor wisata, Dubes Belanda mengaku sangat tertarik dengan potensi wisasta yang ada di Provinsi Bengkulu, khususnya peninggalan-peninggalan Belanda yang ada di Bengkulu. Dubes Belanda meminta untuk memerlihara situs-situs tersebut dan akan mengkaji apa yang bisa Belanda perbuat.

Selain potensi wisata, Dubes Belanda juga mengaku tertarik dengan potensi sumber daya alam yang ada di Bengkulu. Rob Swartbol mengaku sangat tertarik dengan pengembangan pertanian terutama hortikultura. Apalagi lahan pertanian Bengkulu sangat potensial untuk dijadikan sentra tanaman organik seperti sayuran.

Belanda terkenal denga produksi sayuran di dunia, Dubes juga menawarkan pemerintah Bengkulu mengirim sarjana pertanian atau siswa sekolah pertanian studi di Belanda, guna pengembangan produksi sayuran Bengkulu agar bisa mendunia.

Kunjungan Ridwan Mukti ke Kedutaan Besar Belanda, didampingi Staf Khusus gubernur Bidang Investasi Luar Negeri, BKPMD, BAPPEDA, KPTSP, Perhubungan, dan Kantor Perwakilan, serta Pengusaha Asal Bengkulu di Jakarta.

Di tempat berbeda, juga dalam rangka membuka akses dan kerjasama dengan berbagai pihak, Wakil Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, bertemu Kedutaan Besar Malaysia di Jakarta. Dalam pertemuan tersebut, Rohidin membahas berbagai rencana strategis yang bisa dikembangkan bersama, termasuk sektor pariwisata.

Menurut Rohidin, antara Bengkulu dan Malaysia memiliki rasa kekerabatan yang dekat, selain satu rumpun melayu, Bengkulu dan Malaysia juga banyak memiliki kebudayaan yang sama. (NU/RLS/RATU)

Gubernur,SKPD dan Dubes Belanda Berfhoto Sejenak
Gubernur,SKPD dan Dubes Belanda Berfhoto Sejenak
Cendramata Sederhana Bermotif Bunga Khas Bengkulu. Membangkitkan Romantika Sir Thomas Stamford Bingley Raffles
Cendramata Sederhana Bermotif Bunga Khas Bengkulu. Membangkitkan Romantika Sir Thomas Stamford Bingley Raffles

- Advertisement -

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.