Ayo Gabung, Menjadi Jurnalis Profesional, di Seluruh Indonesia, Kontak : 082279249494
nusantara terkini
Bermedia Bersama Rakyat

Begini Cara Guru Paud Negeri Pembina Satu Ajarkan Anak Agar Tak Bosan ke Sekolah

NusantaraTerkini.Com, Bengkulu – Mengajar anak yang masih berusia dini bukanlah hal yang mudah. Guru dituntut menjadi guru yang menyenangkan agar anak tidak bosan untuk datang terus ke sekolah.

Memang, 90% materi yang diajarkan di Paud adalah bermain yang notabene merupakan kegiatan yang menyenangkan untuk anak. Namun tetap saja, guru diharuskan memiliki banyak manuver dan trik agar mereka tidak hanya senang bermain, tetapi mampu mengambil pelajaran.

Seperti yang dilakukan Dedi Kurniawan, salah satu guru di Paud Negeri Pembina satu Kota Bengkulu, dia memberikan pelajaran trik sulap kepada anak-anak di Paud tersebut, agar mereka tidak merasa bosan untuk datang ke sekolah.

“Saya menyampaikan materi kepada anak-anak saya dengan menggunakan media sulap, dengan media sulap saya dapat mengajak anak-anak bermain sambil belajar dan ternyata media sulap sangat ampuh, karena saya melihat anak sangat bersemangat mendengarkan materi dan mereka juga lebih mudah menangkap materi yang saya berikan,” ungkap Dedi.

Dengan trik sulap ini, lanjut Dedi, ia menggunakan trik sulap sesuai dengan materi yang akan diberikan. Seperti mengajarkan anak mulai dari mengenal warna, berhitung, mengenal huruf alfabet, mengenalkan huruf hijaiyah dan belajar kosa kata bahasa ingris.

Lebih lanjut Dedi menjelaskan, keterkaitan sulap dengan anak usia dini adalah, dikarenakan sulap itu sendiri dapat membuat anak merasakan kegembiraan dengan trik yang dimainkan.

“Disinilah celah bagi guru untuk memadukan antara sulap dengan anak melalui sulap edukasi. Sulap edukasi ini berisikan tentang nilai edukasi dan sains yang bertujuan agar anak-anak lebih dapat memahami pembelajaran yang diberikan oleh guru,” tandasnya. (ADH)

Anda mungkin juga berminat
Comments
Loading...