Bermedia Bersama Rakyat

Bareng Bupati & Walikota, Ridwan Mukti Datangi Menteri PUPR

RM Lobby Kementerian PUPR
RM Lobby Kementerian PUPR

NusantaraTerkini.Com, Bengkulu –Tidak hanya bupati dan walikota se-Provinsi Bengkulu, bersama bupati dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) tetangga, Gubernur Ridwan Mukti datangi kantor Kementerian PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat) di Jakarta. Kedatangan mereka untuk lakukan audiensi dengan Menteri Basoeki beserta jajarannya. Tujuannya, mendongkrak ketertinggalan Bengkulu.

“Kami bermaksud menyampaikan langsung, serta mengharap energi baru dari Kementerian PU, yang tentunya akan bermanfaat bagi kemajuan Provinsi Bengkulu, dalam rangka berkontribusi pada Kesatuan Negara Republik Indonesia,” ungkap Ridwan Mukti saat mengawali audiensi yang difasilitasi Sekretariat Jenderal Kementerian PUPR, pada Jumat (16/9)

Dalam kesempatan itu, gubernur yang akrab disapa RM itu menyampaikan harapan supaya ada rapat koordinasi teknis PU di Provinsi Bengkulu yang diikuti seluruh stakeholder kementerian PU untuk wilayah Provinsi Bengkulu dan provinsi tetangga. Hal ini dimaksudkan untuk sinkronisasi kebijakan-kebijakan pemerintah pusat, mengkonsolidasi kebijakan-kebijakan kabupaten dan kota, serta peninjauan lapangan. Kemudian, RM juga meminta Menteri PUPR Mochamad Basoeki Hadimoeljono supaya menunjuk LO (Liaison Officer) tetap, sebagai perantara menyampaikan kepada Kementerian PU.

“Kami dihadapkan dengan persoalan kemiskinan, dimana salahsatu faktor penyebabnya adalah minimnya infrastruktur dasar. Provinsi Bengkulu diapit oleh 5 provinsi tetangga, termasuk dengan Bangka Belitung yang disatukan Samudera Hindia, namun posisi kami terisolir, karena jalur logistik nasional tak melewati Bengkulu,” papar gubernur Ridwan Mukti, dan menjelaskan ketidak mampuan APBD menopang pembangunan, karena jumlahnya yang sangat kecil.

Menanggapi pemaparan itu, Menteri Basoeki menganggap audiensi saat itu adalah sangat tepat. Alumnus Universitas Gadjah Mada itu menjelaskan, saat ini sedang dalam rangka programing APBN yang lebih fokus dan ditambah memperbesar belanja modal.

“Dalam rangka itulah mudah mudahan Provinsi Bengkulu mendapatkan. Kami inikan diingatkan bahwa Provinsi Bengkulu adalah kawasan timur Indonesia yang ada di barat. Mudah mudahan ada pergeseran dalam rangka prioritas ini, kami mendengarkan betul tentang kebutuhan jalan,” kata doktor teknik sipil lulusan Colorado State University, Amerika Serikat, Menteri Basuki.

Rombongan Gubernur Ridwan Mukti yang hadir saat itu adalah Bupati Bengkulu Tengah, Bupati Bengkulu Utara, Bupati Mukomuko, Bupati Bengkulu Selatan, Wabup Seluma, Wabup Rejang Lebong, Wabup Kepahiang, Wabup Lebong, Wabup Kaur, Walkot Bengkulu, Bupati OKU Selatan, Ketua DPRD Sumsel, perwakilan dari Pemkot Pagar Alam. Serta pejabat daerah dari SKPD terkait. Saat itu mereka memaparkan kondisi dan kebutuhan pembangunan prioritas. (NU/RLS)

- Advertisement -

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.