Bermedia Bersama Rakyat

26 Persen APBD Provinsi Dialokasikan Untuk Pendidikan

NusantaraTerkini.Com – Dalam rangka meningkatkan sektor pendidikan di Province Bengkulu, pemerintah Provinsi Bengkulu telah menyiapkan Program Bengkulu Cerdas. Mulai tahun depan pemerintah provinsi bakal melakukan beberapa upaya, diantaranya seperti peningkatan kualitas SDM tenaga pendidik, peningkatan sarana dan prasarana pendidikan serta peningkatan infrastruktur akses menuju sekolah.

“Untuk merealisasikan Bengkulu Cerdas, Pemprov telah menyiapkan anggaran sebesar 26 persen dari APBD. Sementara mendorong percepatan peningkatan kualitas pendidikan ini, jelas perlu adanya support dari 10 pemda kabupaten-kota di Bengkulu,” ungkap Plt. Sekda Provinsi Bengkulu Sudoto dalam acara Peringatan HGN 2016 dan HUT PGRI Ke-71 di Lapangan Sport Center Pantai Panjang Kota Bengkulu, Rabu siang (30/11).

Pada peringatan Hari Guru Nasional (HGN) 2016 dan HUT Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) ke 71 merupakan hal penting bagi setiap guru, baik itu untuk intropeksi diri maupun meningkatkan kualitas guru itu sendiri. Hal ini tentunya melihat tanggungjawab seorang guru yang sangat besar dalam mencerdaskan generasi bangsa.

Ketua PGRI Provinsi Bengkulu H. Sudarwan Danim mengatakan, dengan tema “Membangkitkan Kesadaran Kolektif Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan”, ini menjadikan pembangkit semangat baru bagi para guru yang ada di Bengkulu. Sehingga kedepan diharapkan kualitas pendidikan akan meningkat yang sejalan dengan semakin bermutunya tenaga pendidik di Bumi Rafflesia.

“Profesi sebagai guru menjadi profesi terhormat. Oleh karena itu, majunya suatu bangsa adalah penghormatannya kepada guru. Bukan karena kita guru atau PGRI yang menyatakan seperti itu, tapi ini adalah realitas sejarah,” jelas H. Sudarwan Danim.

Tidak hanya fokus dalam meningkatkan mutu pendidikan, untuk mendukung Program Visit 2020 Wonderful Bengkulu, Dinas Pendidikan (Diknas) Provinsi Bengkulu saat ini juga telah memulai pengembangan pendidikan mengarah kepada pariwisata dan agro-maritim, yakni menjalin kerjasama dengan dinas teknis terkait, mengaplikasikan pembelajaran di sekolah – sekolah, khususnya di sekolah kejuruan terhadap pendidikan kepariwisataan, agro-bisnis dan kemaritiman.

“Kita telah melakukan beberapa kerjasama dengan dinas teknis dan pihak terkait lainnya , mengaplikasikan pembelajaran di sekolah kejuruan dalam mempersiapkan lulusan yang siap terjun dalam mendukung program Visit 2020 Wonderful Bengkulu,” jelas Plt. Kadiknas Provinsi Bengkulu Ade Erlangga.

Sementara itu, dalam kesempatan ini juga dilakukan penyerahan penghargaan Adiwiyata tingkat Provinsi Bengkulu kepada 8 sekolah yang konsen terhadap kelestarian lingkungan sehingga menciptakan anak didik dan warga sekolah berprilaku mencintai lingkungan. Adapun sekolah yang mendapatkan penghargaan Adiwiyata tingkat Provinsi Bengkulu tahun 2016, peringkat pertama diberikan kepada SDN 03 Talang Empat Kabupaten Bengkulu Tengah, disusul MTs N Argamakmur Bengkulu Utara, MAN 1 Ipuh Mukomuko, MIN Pondok Kubang Bengkulu Tengah, SDN 69, SDN 35, MTs N 1 dan SMP N 13 Kota Bengkulu. [Rian MC]

- Advertisement -

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.